Mangngacara : Diskusi Filsafat Jaahilisme Bersama Dirja Wiharja

“Karena disetiap hela nafas, kita berfilsafat”

Reportase Mangngacara, – “Warning ! Awas tegangan tinggi” mengutip kalimat pembuka dari salah-satu tulisan Dirja Wiharja mungkin cukup konteks terhadap diskusi perihal filsafat Jaahilisme malam ini, diskusi yang mencoba membongkar Filsafat Jaahilisme singkatnya sebagai rekam perjalanan dan buah pikir dari seorang Dirja Wiharja yang akrab disapa Kak Landak.

Sendu malam Kota Parepare bersahaja dengan diskusi yang diselenggarakan oleh komunitas Rumah Baca dan Kreasi Qalam. Diskusi Filsafat yang menghadirkan Dirja Wiharja (Jaahil Murakkab) sebagai pengantar diskusi yang mengetengahkan tajuk NGOMEL (Ngobrol Menyimak Lentera) Filsafat Jaahilisme.

Diskusi yang dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi dan umum ini diselenggarakan tepat di pelataran gubuk literasi Rumah Baca dan Kreasi Qalam. Sekitar perumahan BTN. Graha Lembah Soreang Parepare.

Kanda Dirja memulai diskusi dengan memantik geliat nalar peserta diskusi tentang filsafat secara umum, dari soal historikal sampai pada citra filsafat di ranah publik yang terkadang massif dibahasakan sebagai momok yang menakutkan.

Selanjutnya, Kanda Dirja memantik diskusi yang lebih memacu kapasitas intelektual peserta diskusi, dari penjabaran soal Filsafat Jaahilisme yang menjadi pokok pembahasan, sampai pada persoalan Teologia.

Menurut Dirja Wiharja, Filsafat Jaahilisme adalah fundamental berpikir yang akan membuat diri manusia tetap merasa kekurangan segalanya, kekurangan yang dimaknai ilmu pengetahuan, singkatnya demikian.

Diskusi diakhiri dengan penampilan kreasi dari anggota Rumah Baca dan Kreasi Qalam, dari pembacaan puisi serta beberapa wejangan dari pembicara, dalam hal ini Dirja Wiharja.

Dikusi NGOMEL (Ngobrol Menyimak Lentera) Filsafat Jaahilisme diselenggarakan oleh Rumah Baca & Kreasi Qalam, salah satu komunitas literasi di Kota Parepare (Baca Profilnya DISINI).

Foto

Fajrianty Rosul

Author Profile

Redaksi Ngemper
Ngemper adalah situs tempat anda berbagi opini dan cerita, kami membebaskan dengan nalar senakal apapun, secabul apapun dan se mesum apapun, ruang ini lah tempat kalian, jangan lupa ngopi dan bahagia !
BACA !  Money atau Kesejahteraan
Latest entries
Bagikan Dengan Cinta !
Mangngacara, Terbaru
×
Hallo Ngemperian !
Ada yang bisa kami bantu ?